Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan program pendidikan tinggi lanjutan di atas pendidikan jenjang sarjana dengan tujuan untuk menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan keahlian dan kemampuan akademik di bidang kependidikan dan nonkependidikan yang lebih dalam dan luas. Tamatan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya dipersiapkan untuk menjadi tenaga ahli di bidang pengawasan, penyelenggaraan, dan penelitian pendidikan dalam bidang keilmuan tertentu.

Program Pendidikan  Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya dapat menyelenggarakan program pendidikan pada beberapa bidang ilmu. Sebagai upaya pengembangan ilmu, setiap peserta program pendidikan  Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya berkewajiban melaksanakan penelitian dan pengkajian dalam bidang nonkependidikan atau kependidikan yang dipilihnya.

Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan dua jenjang sebagai berikut.

  1. Jenjang Magister (S2) Pendidikan, yang memberi hak kepada para lulusannya menyandang gelar Magister Pendidikan (M.Pd.) dalam suatu bidang ilmu tertentu.
  2. Jenjang Doktor (S3) Pendidikan, yang memberi hak kepada para lulusannya menyandang gelar Doktor Pendidikan (Dr.Pd.) dan untuk lulusan program studi Ilmu Keolahragaan diberi gelar doktor olahraga (Dr.Or).