Login SIAKAD
Username
Password

Peningkatan Aktivitas Siswa Dan Prestasi Belajar Ipa Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Melalui Strategi Pembelajaran Ctl Dengan Memanfaatkan Media Berbasis Tik Pada Siswa Kelas V Sdn Montongsekar I Kecamatan Montong Kabupaten Tuban

Oleh : 107905211 Ramijan

Abstrak

Ramijan, 2012. Peningkatan Aktivitas Siswa dan Prestasi Belajar IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Melalui Strategi Pembelajaran CTL dengan Memanfaatkan Media Berbasis TIK pada Siswa Kelas V SDN Montongsekar I Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Tesis Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yatim Riyanto,M.Pd. Pembimbing II Prof. Dr. Mustaji, M. Pd.

Kata kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar, Strategi CTL, Media Berbasis TIK .

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan strategi CTL yang memanfaatkan media berbasis TIK. (2) peningkatan prestasi belajar IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui strategi pembelajaran CTL dengan memanfaatkan media berbasis TIK. (3) faktor penghambat dalam pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana melalui penerapan strategi CTL dengan memanfaatkan media berbasis TIK.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen utama penelitian berupa instrumen manusia (human instrument), yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa media TIK, lembar obeservasi, lembar tes, angket, maupun catatan lapangan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, data penelitian berupa data kuantitatif tentang peningkatan aktivitas siswa dan prestasi belajar IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui strategi pembelajaran CTL dengan memanfaatkan media berbasis TIK.

Hasil penelitian berupa nilai persentase peningkatan aktifitas siswa sebesar 8% (Siklus I 29% meningkat Siklus II 37%), nilai rata-rata kelas pada tes awal sebesar 30,00, Siklus I sebesar 64,29, siklus II meningkat menjadi 75, untuk faktor penghambat pembelajaran IPA (1) Kemampuan dan keberanian siswa mengajukan pertanyaan aktivitasnya meningkat dari kategori sedang menjadi tinggi. (2) Keberanian dan kemampuan siswa berdiskusi dengan guru aktivitasnya meningkat dari sedang menjadi sangat tinggi, (3) Kemampuan siswa merefleksikan materi pelajaran aktivitasnya meningkat dari sedang menjadi tinggi, (4) Siswa yang pada siklus I tidak aktif terlibat dalam pengerjaan tugas dan diskusi kelompok pada pembelajaran kontekstual dengan media TIK, pada siklus II meningkat menjadi lebih aktif terlibat dalam pengerjaan tugas dan diskusi kelompok, dan (5) Siswa yang pada siklus I kurang tertarik untuk mendiskusikan materi pelajaran yang ditayangkan melalui power point dan video, pada siklus II meningkat menjadi lebih tertarik untuk mendiskusikan tayangan materi baik dengan kelompok maupun dengan guru

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi bahwa penggunaan strategi pembelajaran CTL dengan menggunakan media berbasis TIK ternyata aktivitas siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklus II, prestasi belajar IPA konsep pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Montongsekar I Kecamatan Montong Kabupaten Kabupaten Tuban dari studi awal sampai dengan proses siklus I dan ke siklus II juga mengalami peningkatan, sementara faktor penghambat pembelajaran dapat diselesaikan dan ditekan sekecil mungkin hingga memenuhi indikator keberhasilan.

ABSTRACT

Ramijan, 2012. Increasing Students Activities and Achievement in studying science on simple plan subject. Through CTL Learning Strategy Using ICT-Based Media in fifth Grade student of Montongsekar I Elementary school in Montong Tuban District, Thesis. Subject of the study, Technology in Education, Graduate School of the State University of Surabaya. Supervisor (I) Prof. Dr. H. Yatim Riyanto, M.Pd. Supervisor (II) Prof. Dr. Mustaji, M. Pd.

Keywords: Activities, Learning Achievement, Strategy CTL, ICT-Based Media

This study aims to analyze and describe: (1) increasing student activity in learning science with a CTL strategy utilizing ICT-based media. (2) increasing learning achievement science, subjects: simple plane through CTL learning strategies using ICT-based media. (3) barrier factor in learning science about simple plan the application of CTL strategies utilizing ICT-based media.

The study design used was action research using quantitative descriptive methods. The main instrument of research is human instruments (human instrument), the researchers themselves and supporting instruments such as ICT media, observation sheets, test sheets, questionnaires, and field notes. The experiment was conducted in two cycles, the research data in the form of quantitative data on the increase in the student activity and achievement learn science subjects simple plane through CTL learning strategies with ICT-based media.

The result is the form of the value percentage increase student activity by 8% (29% increase Cycle I Cycle II 37%), the average grade on the test beginning at 30.00, at 64.29 First cycle, second cycle increased to 75, for learning science inhibitory factor (1) The ability and courage students to ask questions of category activity increased to high. (2) Courage and the ability of students to discuss with the teacher activity increased from moderate to very high, (3) the subject matter reflects the ability of the student activity increased from moderate to high, (4) Students who are in the first cycle is not actively involved in the execution of tasks and group discussions on contextual learning with ICT media, on the second cycle increased to more actively involved in the execution of tasks and group discussions, and (5) Students who are in the first cycle are less keen to discuss the subject matter delivered through power point and video, on the second cycle increased to more interested in discussing the matter shows either with a group or with a teacher

Based on the analysis of data obtained information that CTL use of learning strategies using ICT-based media turns students activity from the first cycle increased in the second cycle, the achievement of learning science concepts simple plane fifth grade students of SDN Montongsekar I Montong Tuban regency of the initial study to with the first cycle and the second cycle also increased, while learning can be solved inhibitory factor and is minimized to meet the indicators of success.




Baca Artikel ( 630.5 KB )
Profil Program Studi | Visi-Misi | Kurikulum | Jadwal Kuliah | Dosen | Jurnal Ilmiah | Artikel / Blog Ilmiah |