Login SIAKAD
Username
Password

Pengembangan Paket Pembelajaran dengan Menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Dilema Moral untuk Pebelajar Kelas IV Sekolah Dasar

Oleh : 107905213 WINDYO SUPARSONO

Abstrak

ABSTRAK

Suparsono. Windyo. 2012. Pengembangan Paket Pembelajaran dengan Menggunakan Model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Dilema Moral untuk Pebelajar Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd, dan (II) Prof Dr. Rusijono, M.Pd.

Kata-kata Kunci : paket pembelajaran PKn, dilema moral, ADDIE, hasil belajar.

Upaya mengatasi permasalahan tentang penanaman moral pada pebelajar kelas IV SDN Saringembat I dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam pembelajaran, perlu adanya paket pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dilema moral. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tanggapan pebelajar kelas IV tentang paket pembelajaran PKn dengan pendekatan dilema moral untuk digunakan sebagai bahan ajar tentang menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungannya. 2) untuk mengetahui pemanfaatan paket pembelajaran dengan pendekatan dilema moral dapat meningkatkan hasil belajar tentang menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungannya pada pebelajar kelas IV. 3) untuk mengetahui pemanfaatan paket pembelajaran dengan pendekatan dilema moral dapat meningkatkan ketuntasan belajar tentang menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungannya pada pebelajar kelas IV.

Pendekatan dilema moral adalah suatu pendekatan dengan menggunakan isu-isu moral yang di dalamnya mengandung konflik-konflik nilai budaya dan karakter bangsa yang disampaikan melalui metode diskusi. Dilema moral yang digunakan dalam pengembangan pembelajaran dimodifikasi dari Kolhberg dan diadakan beberapa penyesuaian, antara lain penyesuaian terhadap nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dan disesuaikan dengan kompetensi dasar tentang sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungannya

Jenis penelitian yang sesuai dengan permasalahan dalam kajian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Prosedur pengembangan berdasarkan tahapan analisis-perancangan-pengembangan-implementasi-evaluasi. Desain ujicoba yang dilaksanakan meliputi rancangan produk pengembangan, ujicoba ahli isi, ujicoba ahli desain pembelajaran, ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Adapun desain penelitian untuk tes digunakan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Untuk pengujian validitas tes menggunakan rumus Pearson Product Moment, sedangkan pengujian reliabilitas digunakan teknik split-half dengan rumus Spearman Brown. Dari hasil tes hasil belajar yang dilaksanakan melalui pretest-posttest desain uji cobanya menggunakan uji t dua sample berpasangan (paired t-test).

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa 1) produk pengembangan paket pembelajaran PKn dengan pendekatan dilema moral mendapat renspon positif dan layak digunakan oleh pebelajar kelas IV. 2) berdasarkan nilai pretes dan posttes menunjukkan bahwa pemanfaatan paket pembelajaran dengan pendekatan dilema moral dapat meningkatkan hasil belajar. 3) pemanfaatan paket pembelajaran dengan pendekatan dilema moral mampu menuntaskan kemampuan pebelajar dalam mempelajari kompetensi dasar menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungannya. Oleh sebab itu disarankan kepada guru agar menggunakan paket pembelajaran dengan pendekatan dilema moral dalam pembelajaran yang menitikberatkan aspek pengembangan moral sebab dapat memberikan kemudahan belajar pada pebelajar dalam menentukan sikap dengan menggunakan pertimbangan moral.

ABSTRACT

Suparsono. Windyo. 2012. The Improvement of Learning Package using Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE) Model, on Civics Subject Through Moral Dilemma Approach for The Fourth Year Students of Elementary School. Thesis, Educational Technology Study Programme, Pasca-graduated Programme of State University Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd, and (II) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.

Keyword : Civics Subject Learning Package, Moral Dilemma, ADDIE, Learning Outcome.

The effort to solve the problem about moral implication on the fourth grade students of SDN Saringembat I in civics subject need a learning package by using moral dilemma approach. The goals of this research are 1) to know the respons of the students class four about learning package of civics subject with dilemma moral approach to be used as learning material about determining attitude towards the influence of globalisaation on their environment. 2) to know the beneficial of learning package using moral dilemma approach is able to increase the learning outcome about determining attitude towards the influence of globalisation in their environment on students class four. 3) to know the beneficial of the learning package with moral dilemma approach is able to increase the learning mastery about determining attitude towards the influence of globalisation on their environment of the students class four.

Moral dilemma approach is an approach by using moral issues which contain the cultural values conflicts and national caracter which is tranfered through discution method. Moral dilemma which is used in the learning development to be modified from Kolhberg and be carried-out several correctness, such as the correctness towards cultural values and national caracter and to be balance with the basic competence about the attitude towards the influence of globalisation in their environment.

Kind of research which suitable with the problem in this study is the improvement research by using ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate) model. The improvement procedure based on analysis-design-develop-implementation, evaluation. The try-out design which is carried-out included the improvement product design, expert try-out, individual try-out, small group try-out, and field try-out. The reseacrh design for test used One Group Pretest-Posttest Design. For the validity test using Pearson Product Moment formula, while realibility test using Split-half technique by sing Spearman-Brown formula. From the result of learning outcome which is held through pretest-posttest the try out design using t test two sample pair (paired t-test).

Based on the result of the research and discussion, it can be conclude that 1) the improvement of civics subject learning package product with moral dilemma approach got positive response and can be used by students class four. 2) based on pretest and posttest values shows that the use of learning package with moral dilemma to be abble to increase the learning outcome. 3) the use of moral dilemma learning package to be abble to master of students ability in learning basic competence to determine attitude towards the influence of globalisation in their environment. Therefore it is suggested to the teacher in order to use learning package with moral dilemma approach in learning which is focussed on moral development aspect because can give learned easiness on students in determining attitude by using moral balancing.




Baca Artikel ( 142.5 KB )
Profil Program Studi | Visi-Misi | Kurikulum | Jadwal Kuliah | Dosen | Jurnal Ilmiah | Artikel / Blog Ilmiah |