Login SIAKAD
Username
Password

Jurnal Kinerja & Teknologi Pendidikan

ISSN: 2252-7567

http://u.lipi.go.id/1334903628
Jurnal kinerja & teknologi pendidikan (jktp) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan Nopember, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran atau penelitian yang ditulis oleh para pakar pendidikan, teknolog pendidikan, praktisi, ilmuwan, dan pengkaji dalam bidang teknologi kinerja & pendidikan

Editorial Board

Ketua
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd

Anggota
  1. Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd
  2. Prof. Dr. Rusijono, M.Pd
  3. Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd
  4. Dr. Bactiar Syaiful Bahri, M.Pd
  5. Dr. Tamsil Muis
  6. Drs. Andi Mariono, M.Pd
  7. Alim Sumarno, M.Pd

Ketentuan tulisan artikel ilmiah

Jurnal Kinerja & Teknologi Pendidikan menerima tulisan/artikel ilmiah yang belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Kajian ilmiah dan hasil penelitian tentang pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di Indonesia.
  2. Pendidikan sebagai muatan utama diartikan secara luas mencakup kegiatan pendidik­an yang bercirikan adanya proses pembelajaran untuk pengembangan individu dan masyarakat, dalam setting keluarga, persekolahan, organisasi sosial, atau dunia kerja.
  3. Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain sebe­lumnya. Artikel yang pernah disajikan dalam suatu forum, misalnya seminar, harus disebutkan forumnya.
  4. Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 15 – 18 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi, program Windows Microsoft Word tahun 2003 ke atas, tipe huruf Times New Roman, font size 12.
  5. Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.
    • Judul : ditulis dengan singkat padat, maksimum 13 kata, dan harus mencer­minkan substansi kependidikan yang diuraikan pada batang tubuh artikel.
    • Nama Penulis : ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan.
    • Instansi dan Alamat Penulis : ditulis nama instansi tempat penulis berasal, alamat, e-mail, nomor HP, yang letaknya di bawah nama penulis.
    • Abstrak : ditulis dalam bahasa Inggris dan panjangnya berkisar 100-120 kata. Abstrak artikel terdiri dari satu alinea: artikel kajian ilmiah terdiri dari permasalahan dan inti pembahasan secara substansial, sedangkan artikel hasil penelitian terdiri dari tujuan, metode, dan hasil. Abstrak ditulis dengan jarak satu spasi font 12.
    • Kata Kunci : diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri dari beberapa buah kata/istilah. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal.
    • Batang Tubuh Artikel : (i) Artikel kajian ilmiah terdiri dari pendahuluan yang berisi permasalahan dan kerangka pikir atau kerangka analisis, sub-subjudul yang berisi pembahasan, dan kesimpulan. (ii) Artikel hasil penelitian terdiri dari pendahuluan yang memuat latar belakang masalah, metode, hasil, pembahasan, dan kesim­pulan. Di bawah kesimpulan ada satu paragraf ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu
    • Daftar Pustaka : diusahakan dari sumber primer, dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Baris kedua masuk ke kanan 7 huruf. Berikut adalah beberapa contoh penulisan daftar pustaka dari beberapa jenis sumber.
      • Jurnal : nama pengarang, tahun, judul artikel (di antara dua tanda kutip), nama jurnal (cetak miring), volume, nomor, dan halaman seperti berikut.
      • Dadan Rosana, 2009. Pengembangan Budaya Kualitas Melalui Penerapan ISO 9001:2000 di UNY. Cakrawala Pendidikan, XXVIII (3), 296-307.
      • Buku: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul buku (cetak miring), kota penerbit, dan penerbit, seperti berikut.
        Fullan, M.G. 1991. The New Meaning of Educational Change. London: Cassell Educational Lt.
      • Buku yang terdiri dari beberapa artikel, ditulis seperti berikut.
        Winch, C. 2006. Graduate Attributes and Changing Conceptions of Learning dalam Hager, P. & Holland, S., Graduate Attributes, Learning and Employability, h 67-90. Dordrecht: Springer.
      • Internet: pengarang, tahun, judul artikel, alamat situs, dan tanggal mengunduh.
        Lamy, M.N., & Mortensen, H.J. 2009. Using Concordance Programs in the Modern Foreign Languages Classroom, dari http://www.ict4lt.org/-en/en mod2-4.htm. diunduh 22 Agustus 2009.
  6. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun, dan halaman. Contoh: (Mitchel, 2008:53), atau Mitchel (2008:53). Rujukan langsung (tanpa mengubah apapun), diketik satu spasi menjorok masuk ke kanan 7 ketukan, rata kiri dan kanan.
  7. Artikel yang masuk ke meja redaksi diseleksi oleh penyunting ahli atau mitra bestari. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak, dan artikel yang ditolak tidak dikembalikan kecuali diminta oleh penulis.

Redaktur JKTP

Profil Program Studi | Visi-Misi | Kurikulum | Jadwal Kuliah | Dosen | Jurnal Ilmiah | Artikel / Blog Ilmiah |