Login SIAKAD
Username
Password

Profil Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan

Salah satu tujuan dari HELTS adalah organisasi yang sehat atau kesehatan organisasi. Kesehatan tersebut diupayakan dan dilaksanakan  dari pusat sampai institusi sekolah, semua sehat, kridibel, akuntabel dan transparan. Dengan demikian maka  kebutuhan  tenaga ahli manajemen pendidikan menjadi krusial, baik selaku manajer, administrator,  baik dari manajer tingkat tinggi, menengah maupun manajer  terdepan. Untuk itu manajemen pendidikan sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air tercinta ini. 

       Kajian pustaka, hasil penelitian, dan bukti empirik,  menunjukkan bahwa efektivitas, mutu dan produktivitas lembaga persekolahan pada umumnya sangat ditentukan oleh pengaruh kepemimpinan, kemampuan manajerial dan kepala sekolah serta  sistem manajemen lembaga tersebut.  Masyarakat dan institusi pendidikan  banyak membutuhkan tenaga manajemen pendidikan, terutama Departemen Pendidikan Nasional RI, Dinas Pendidikan Propinsi, dan  Kota/Kabupaten. Hal ini disebabkan  adanya aturan bahwa untuk menjabat sebagai Kepala Dinas, paling sedikit harus mempunyai gelar Magister. Begitu pula Kepala Sekolah, minimal harus bergelar Magister dalam membawahi para guru yang sudah bergelar Sarjana. Sejalan dengan bergulirnya waktu dan perkembangan Ipteks, di masa yang akan datang sangat mungkin tuntutan gelar Magister di atas akan ditingkatkan  bidang Manajemen Pendidikan.

          Sejalan dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 Bab XIV tentang pengelolaan pendidikan, pasal  51 Ayat (1) dan (2)  bahwa pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini,  pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar  pelayanan minimal dengan prinsip  manajemen berbasis sekolah, sementara pengelolaan pendidikan tinggi dilaksanakan berdasarkan  otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, dan evaluasi yang transparan.  Prodi PPs Unesa telah memiliki S2 Manajemen Pendidikan sejak tahun 1999 sampai dengan tahun 2009 telah meluluskan Magister sebanyak 562 orang. Lulusan tersebut masih sangat kurang, dalam memenuhi pangsa pasar di Proipnsi Jawa Timur, yaitu  berjumlah 5.169 orang.

            Sementara itu Program  Manajemen Pendidikan di Jawa Timur baru ada di Universitas Negeri Malang dan Surabayta (UNESA) saja, yang dipandang belum cukup untuk memasok  ahli magister yang  dibutuhkan di daerah Jawa Timur ini. Oleh sebab itu dipandang perlu  terus menyelenggarakan program studi ini di Universitas Negeri Surabaya. Di samping itu sistim studi yang dilakukan di Universitas Negeri Surabaya ini melalui penelitian-penelitian dan kuliah tatap muka yang diharapkan melahirkan teori-teori atau konsep-konsep baru yang digali dari tanah air sendiri sejalan dengan Universitas yang lain dalam hal sistim perkuliahan, yaitu sistim riset dan perkuliahan kelas.

            Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya akan menciptakan keistimewaan pada ciri khas Educational Leadership dan Quality Assurance yaitu kepemimpinan dan penjaminan mutu pendidikan, sehingga kredibilitas produk  Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya akan memasok tenaga ahli untuk terjaminnya kualitas pendidikan  baik di tingkat lokal,  nasional maupun internasional

Profil Program Studi | Visi-Misi | Kurikulum | Jadwal Kuliah | Dosen |