Login SIAKAD
Username
Password

Tender UN Sudah Sesuai Prosedur

Sumber Foto : edukasi.kompas.com
Terkait dengan kisruh ujian nasional (UN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menampik bahwa ada kongkalikong antara oknum kementerian dengan pihak percetakan saat proses tender. Semua proses yang dijalankan pada proses tender sudah sesuai dengan prosedur yang ada.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan bahwa proses tender yang dilakukan oleh pihak Kemdikbud sudah sesuai dengan Perpres 70 Tahun 2012. Namun, jika muncul dugaan permainan oknum, pihaknya bersedia untuk diperiksa.

"Kami siap saja. Tapi, sekali lagi, semua yang kami lakukan sesuai prosedur. Pemenangan tender ini juga melalui banyak tahap," kata Khairil di Kemdikbud, Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Ia menjelaskan bahwa prosedur pertama yang dilakukannya adalah seleksi administrasi terhadap para pelamar tender. Selanjutnya dilakukan seleksi fisik yang berkaitan dengan peralatan percetakan dan tenaga kerjanya. Terakhir, tim visitasi akan mendatanginya dan memeriksa apakah yang dilaporkan sesuai dengan fakta di lapangan.

"Memang banyak yang menawar lebih rendah daripada Ghalia untuk paket 3. Tapi, mereka semua sudah gagal di seleksi administrasi," ujar Khairil.

"Kami tidak mungkin meloloskan yang penawarannya lebih mahal jika memang ada yang lebih murah dan memenuhi kualifikasi," tandasnya.



edukasi.kompas.com