Login SIAKAD
Username
Password

2.855 Peserta Ikuti Ujian SNMPTN di Palangka Raya

Sumber Foto : edukasi.kompas.com
Sebanyak 2.855 peserta lulusan sekolah menengah atas sederajat mengikuti pelaksanaan ujian seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Universitas Palangka Raya (Unpar), Kalimantan Tengah.

Ke-2855 peserta tersebut terbagi lagi menjadi tiga kategori yakni untuk IPA 808 orang, IPS 889 orang dan IPC 1158 orang," kata ketua panitia lokal SNMPTN Universitas Palangka Raya, Kumpiadi Widen, Selasa (12/6/2012).

Jumlah ruangan yang digunakan sebanyak 58 ruang yakni IPA 13 ruang, IPS 19 ruang dan IPC 26 sedangkan pengawas ujian sebanyak 157 orang terdiri dari 136 dosen dan 21 staf.

Pelaksanaan SNMPTN jalur ujian tertulis untuk tahun ini, relatif tidak ada perbedaan dengan materi tes potensi akademik dan TBS pada 12 Juni, tes bidang studi IPA/IPS pada 13 Juni dan ujian keterampilan khusus bagi calon mahasiswa mengambil jurusan olahraga dan seni pada 14-15 Juni. Pengumuman kelulusan pada 7 Juli 2012.

Bagi peserta yang tidak lulus SNMPTN, masih diberi kesempatan dengan mengikuti jalur ujian masuk bersama (UMB) yang akan dilaksanakan pada 22 Juli 2012, yang pendaftaran secara online berakhir 18 Juli 2012.

UMB juga merupakan ujian nasional masuk PTN, yang dikoordinir langsung Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

Dikemukakannya, setiap tahun Unpar menerima mahasiswa kurang lebih 3.000 orang baik melalui jalur undangan, tertulis maupun UMB. Sebenarnya pihaknya bisa saja setiap tahun menerima kurang lebih 5.000 calon mahasiswa baru, akan tetapi terbatas tenaga dosen.

Yang membuatnya bangga, lantaran minat peserta dari luar Kalteng terutama Sumatera dan Jawa untuk masuk Unpar, dari tahun ke tahun semakin meningkat. Membuktikan, Unpar sudah dikenal tidak hanya di regional Kalimantan saja, namun hingga luar Kalimantan.

Sebelum pelaksanaan hari pertama ujian PTN, dilakukan pembukaan naskah dan soal oleh Rektor Unpar, Hendri Singarasa disaksikan dari pengawas Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) serta pengawas dari monitoring dan evaluasi (Monev) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

edukasi.kompas.com