Login SIAKAD
Username
Password

Seminar Internasional Dan Klinik Penelitian Untuk Publikasi Ilmiah

TEMA :“E-learning: Design, Development, Management and Utilization”

Latar Belakang
Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi perlu dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi untuk menyelesaikan masalah pendidikan khususnya pembelajaran, sebab teknologi lahir dan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Berkaitan dengan hal tersebut, teknologi pendidikan dapat dipandang sebagai suatu bagian untuk memecahkan persoalan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.
Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan pendayagunaan Teknologi Pendidikan, yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam persoalan “belajar” kemudian dicarikan pemecahannya melalui aplikasi teknologi informasi yang sesuai. Upaya pemecahan permasalahan pendidikan terutama masalah yang berhubungan dengan kualitas pembelajaran, dapat ditempuh dengan cara penggunaan berbagai sumber belajar dan penggunaan media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dalam meningkatkan kadar hasil belajar peserta didik. Teknologi informasi digunakan sebagai media untuk mempermudah pencarian informasi tersebut. Dengan demikian, bentuk seminar  internasional pendidikan yang mengangkat persoalan implementasi pembelajaran melalui pendayagunaan teknologi pendidikan relevan untuk diadakan untuk memberi peningkatan wawasan bagi kalangan praktisi, akademisi dan mahasiswa.  
Pemanfaatan teknologi informasi untuk pendidikan/pembelajaran perlu dioptimalkan melalui pendekatan ilmiah, oleh karena itu perlu didorong upaya penelitian ilmiah tentang hal tersebut secara maksimal. Upaya kearah tersebut perlu diwujudkan melalui penelitian yang berkualitas. Penelitian berkualitas dihasilkan oleh peneliti yang bersumber daya handal dengan mendapat pendampingan yang tepat oleh tenaga ahli. Oleh karena itu diperlukan klinik penelitian dibawah tenaga ahli berpengalaman untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas sehingga hasil penelitian tersebut dapat dipublikasikan secara ilmiah terutama melalui jurnal ilmiah terindeks.
Penelitian ilmiah dalam bidang e-learning khususnya di Indonesia perlu mendapat perhatian yang lebih, bukan saja karena kondisi geografis Indonesia yang sangat memungkinkan untuk dilakukan, namun lebih pada kebutuhan pembelajaran yang teridentifikasi memerlukan desain dan strategi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Selain itu penelitian hasil penelitian dalam bidang e-learning di Indonesia juga perlu didorong secara optimal untuk dapat dimuat pada jurnal internasional terindeks yang menandakan kualitas hasil penelitian tersebut.

Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan  adalah peserta memiliki pemahaman mendasar tentang desain, pengembangan, manajemen, dan pemanfaatan e-learning, serta menyiapkan proposal penelitian yang berkualitas untuk layak dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks.

Tema seminar

“E-learning: Design, Development, Management and Utilization”

Waktu dan Tempat
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2016,  pukul 08.00-15.00 WIB Di Gedung K.10 lantai 3 kampus Pascasarjana Unesa Ketintang Surabaya.

Nara sumber

  1. Prof. Dr. Mike Spector, Ph.D (University of North Texas, USA)
    Topik: “Instructional Design for e-learning”
  2. Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc  (Guru Besar Universitas Terbuka)
    Topik: “Open Online Learning and Instruction”
  3. Prof. Dr. Marc Childress, Ph.D (Baker University,  USA)
    Topik: “Trends and Issues of Educational Technology”
  4. Prof. Dr. Johannes Cronje, Ph.D (Cape Peninsula University of Technology, South Africa)
    Topik: “Pedagogical Approach in 21st Century”
  5. Mr. Lee Kyeong Yoon (Consular Assistant Embassy of the Republic of Korea)
    Topik: “International issues on e-learning”

INFO PENDAFTARAN KLIK DI SINI



pasca.unesa.ac.id

Komentar

Post Komentar

Name :
Email :
Smile : smile wink wassat tongue laughing sad angry crying 
Silahkan dijawab pertanyaan keamanan berikut :
tahun indonesia merdeka
Jawab :
Tulis Komentar Anda :